Pages

Tips Mobil Berhenti di Tanjakan

Melewati tanjakan untuk pengemudi pemula memang menjadi momok tersendiri. Apalagi jika sudah macet padat merayap lagi misalnya didaerah puncak saat weekend. Sudah pasti konsentrasi pengemudi akan buyar, karena biasanya pengemudi pemula khawatir jika mobilnya akan mundur dan menabrak mobil yang ada dibelakangnya. Sebenarnya mengemudi mobil di tanjakan itu cukup mudah, tinggal kita sesuaikan tanjakan yang akan dilalui dengan persneling (gigi/ transmisi mobil), misalnya jika jalan menanjak agak landai maka kita cukup gunakan gigi 3, begitu pula jika menanjak agak panjang dan lebih tajam maka kita harus gunakan gigi 1.
Ada beberapa tips mobil dari saya untuk berhenti di tanjakan bagi pemula
1. Usahakan pengemudi tenang, karena jika gugup maka semua ilmu yang dimiliki akan buyar
2. Berhenti dengan setengah kopling, cara ini adalah menekan pedal kopling dan menahan pedal gas sampai mobil tidak melaju (berhenti), dan untuk menjalankan mobil cukup lepas pedal kopling sampai mobil berjalan kembali. Berhenti dengan setengah kopling ini hanya bisa dilakukan untuk durasi yang cukup pendek (tidak lebih dari 5 detik), untuk waktu yang lebih lama bisa menggunakan rem tangan.
3. Berhenti dengan menggunakan rem tangan, Adapun tahap-tahapnya adalah dengan menekan pedal rem kaki dahulu, kemudian injak kopling, pindahkan gigi ke posisi N (netral), kemudia tarik rem tangan. Jika ingin menjalankan kembali mobil maka masukkan transmisi ke gigi 1 kemudian injak pedal gas dan lepas kopling sampai mobil sedikit bergetar kemudian lepas rem tangan pelan-pelan.
Usahakan dalam mencoba trik diatas dilakukan saat jalan dalam keadaan sepi.
Selamat mencoba.

Unknown

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog osiyendi.com, Silahkan datang lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar